moment of camera

moment of camera

Kamis, 23 Februari 2012

AKTIVASI POTENSI DAN KREATIVITAS IBU-IBU PKK DENGAN MOTIVATION TRAINING AND SKILL DEVELOPING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT TINGKAT BAWAH DI KELURAHAN SANGKRAH SURAKARTA



 




USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

JUDUL PROGRAM

AKTIVASI POTENSI DAN KREATIVITAS IBU-IBU PKK DENGAN  MOTIVATION TRAINING AND SKILL DEVELOPING SEBAGAI UPAYA MEMBANGKITKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT TINGKAT BAWAH DI KELURAHAN SANGKRAH SURAKARTA
BIDANG KEGIATAN
Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKMM)

Diusulkan Oleh :
FILA ISTINA MACHID                                     (K 4309031/2009)
FERIKA BRILLIAN SABANIA                        (G 0009081/2009)
INDAH IMAWATI                                              (K 7409078/2009)
WACHID NOOR HIDAYAT                              (I  0407061/2007)


UNIVERSITAS SEBELAS MARET
SURAKARTA
2011






HALAMAN PENGESAHAN
USUL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM-M)

1.        Judul Kegiatan                  :  Aktivasi Potensi dan Kreativitas Ibu-Ibu PKK
       dengan Motivation Training and Skill Developing Sebagai Upaya Membangkitkan
                                                    Perekonomian Masyarakat Tingkat Bawah di
                                                    Kelurahan Sangkrah Surakarta
2.        Bidang Kegiatan              :  PKM-M
3.        Bidang Ilmu                     :  Sosial Ekonomi
4.        Ketua Pelaksana Kegiatan          
a.    Nama Lengkap                           :  Fila Istina Machid
b.    NIM                                           :  K 4309031
c.    Jurusan/Prodi                              :  P.MIPA/Pendidikan Biologi
d.   Universitas                                 :  Universitas Sebelas Maret
e.    Alamat Rumah/No.Telp/No.HP :  Jln. Kayu Putih 17 Purwosari, Kal-Teng/
                                                    085725262411
f.     Alamat email                              :  lala_bio@yamil.com
5.      Anggota Pelaksana Kegiatan           :  3 orang
6.      Dosen Pendamping
a.     Nama Lengkap dan Gelar          :  Nurhasan Hamidi, SE,M.Sc,Ak.
b.    NIP                                            :  19780823 200912 1002
c.     Alamat Rumah dan No.Telp/HP:  Jl. Jae Sumantoro 31 Godean
      Yogyakarta/ 081586537841
7.        Biaya Kegiatan Total                      :  Rp.10.000.000,00
8.        Jangka Waktu Pelaksanaan             :  4 bulan     
                                                                               Surakarta, 2  Oktober 2011
Menyetujui

Pembantu Dekan  III FKIP UNS
Ketua Pelaksana Kegiatan



(Drs. Amir Fuady, M. Hum)
NIP 195207291980101001
(Fila Istina Machid)
NIM. K4309031

Pembantu Rektor III UNS

Dosen Pendamping


(Drs. Dwi Tiyanto, S.U)
NIP. 19540414 198003 1 007
(Nurhasan Hamidi, SE,M.Sc,Ak.)
NIP. 19780823 200912 1002

PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA PENGABDIAN MASYARAKAT (PKM-M)

A.  JUDUL
Aktivasi Potensi dan Kreativitas Ibu-Ibu PKK dengan Motivation Training and Skill Developing Sebagai Upaya Membangkitkan Perekonomian Masyarakat Tingkat Bawah di Kelurahan Sangkrah Surakarta

B. LATAR BELAKANG MASALAH
Indonesia merupakan negara yang sumber daya manusianya melimpah, data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) 2010 menyebutkan bahwa jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 237,641,326 jiwa. Sumber daya manusia yang besar ini adalah modal sebenarnya untuk menjadi sebuah kekuatan bagi suatu negara. Untuk itu disini peran mahasiswa sebagai kaum intelektual yang memiliki idealisme tinggi sangat diperlukan untuk turut serta membangun bangsa.
Biro Pusat Statistik menggolongkan kriteria kemiskinan menjadi lima bagian, yaitu tidak miskin, hampir tidak miskin, hampir miskin, miskin, dan sangat miskin. Disini fokus kami adalah masyarakat hampir miskin. Menurut konsep BPS, penduduk hampir miskin adalah mereka yang memiliki pengeluaran per bulan sedikit di atas garis kemiskinan (GK) yang nilai pengeluarannya berada pada selang 1 GK-1,2 GK, atau kalau dirupiahkan berkisar antara Rp 233.470 - Rp 280.488 per bulan. Sehari-hari, kondisi kesejahteraan mereka dibanding penduduk miskin mungkin tidak jauh berbeda, bahkan sama. Mungkin di luar konsep BPS, orang akan mengatakan mereka “miskin”. Dan kini jumlahnya telah mencapai 27,12 juta jiwa atau sekitar 10,28 persen dari total penduduk. Ini yang selanjutnya menjadi PR kita bersama. Karena apabila lengah sedikit saja, bisa jadi goncangan ekonomi yang kecil pun akan berdampak besar untuk negeri ini. Oleh karena itu kelompok kami mengajukan PKM yang berjudul “Aktivasi Potensi dan Kreativitas Ibu-Ibu PKK dengan Motivation Training and Skill Developing Sebagai Upaya Membangkitkan Perekonomian Masyarakat Tingkat Bawah di Kelurahan Sangkrah Surakarta”.
Daerah yang dipilih untuk tempat pengabdian adalah Sawahan, Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta. Daerah tersebut merupakan salah satu sentra produksi tekstil kota Surakarta. Menurut keterangan penduduk setempat, mereka pernah diberi bantuan berupa mesin jahit oleh pemerintah kota, sehingga dahulunya mayoritas pekerjaan ibu-ibu adalah menjahit. Tetapi sekarang mulai banyak dari mereka yang meninggalkan usahanya. Mereka tidak bisa melanjutkan usaha tersebut karena keterbatasan modal, yang dahulunya mendapat pasokan dari juragan, istilah mereka. Jadi mereka hanya menerima order jahit, yang diberi oleh juragan, lewat konveksi, setelah jadi pakaian dikembalikan lagi ke juragan. Kondisi seperti ini yang kemudian kurang mengasah kreativitas ibu-ibu, karena mereka hanya disuruh menjahit, tanpa diajarkan membuat pola, menggunting, dan sebagainya. Dan lagi mereka adalah tangan ketiga, sehingga upah yang diberikan pun tidak seberapa.
Keadaannya sekarang mulai banyak juragan yang gulung tikar, sehingga mengharuskan mereka ikut mangkrak bekerja. Dan disini kami menawarkan untuk mengaktivasi potensi dan kreativitas yang telah dimiliki Ibu-Ibu PKK Kelurahan Sangkrah dengan motivation training and skill developing (negosiasi, mencari jaringan dagang, management produksi), serta membantu memfollow up managemen pemasaran dengan produk yang kami rekomendasikan yaitu kerudung paris motif batik manik. Kami memilih produk ini karena sirkulasi pemasarannya yang sedang bagus, dan juga sebagai salah satu sarana sosialisasi untuk memperkenalkan batik pada masyarakat.

C. PERUMUSAN MASALAH
            Dari latar belakang seperti tersebut di atas, maka dapat diambil perumusan masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana dapat membangkitkan kembali perekonomian bagi masyarakat tingkat bawah di Kelurahan Sangkrah yang telah memiliki asset berupa ketrampilan dan peralatan dengan home industri kerudung manik.
  2. Bagaimana program ini dapat meningkatkan soft skill dan ketrampilan marketing yang cukup bagi Ibu-ibu PKK di Kelurahan Sangkrah sehingga mampu membuka peluang usaha.
D. TUJUAN
Adapun tujuan dari program ini adalah sebagai berikut:
  1. Dapat melaksanakan kegiatan yang dapat membangkitkan aktifitas perekonomian bagi Ibu-ibu PKK di Kelurahan Sangkrah melalui home industri kerudung manik.
  2. Dapat melaksanakan program yang meningkatan soft skill dan ketrampilan marketing bagi Ibu-ibu PKK di Kelruan Sangkrah serta mampu membuka peluang usaha sendiri atau pun kolektif.

E. LUARAN YANG DIHARAPKAN
            Luaran yang diharapkan dari program ini anatara lain;
  1. Peningkatan kualitas pemahaman warga Sangkrah terhadap manajemen finansial melalui penyuluhan.
  2. Pengintegrasian nilai-nilai kewirausahaan dengan memperhatikan potensi lokal daerah Kelurahan Sangkrah.
  3. Jasa pelatihan dan pembinaan yang mampu diaplikasikan sebagai ketrampilan dalam berwirausaha.

F. KEGUNAAN
Kegunaan dari program ini antara lain adalah:
  1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pendapatan ibu-ibu PKK di Kelurahan Sangkrah.
  2. Mengembangkan potensi dan kreatifitas warga masyarakat Sangkrah untuk mengatasi berbagai problem perekonomian guna meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.
  3. Meningkatkan produktifitas Industri Rumah Tangga ( UKMM ) warga di Kelurahan Sangkrah.
  4. Menimbulkan minat usaha mandiri (wirausaha) untuk  meningkatkan pendapatan keluarga dan melatih kemandirian.
5.      Mengamalkan ilmu yang diperoleh anggota tim PKMM UNS kepada masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

G. GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
Kelurahan Sangkrah merupakan bagian dari Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Sebagian besar daerah ini berbatasan dengan sungai, yaitu Kali Pepe dan Sungai Bengawan Solo yang otomatis daerah ini sangat rawan banjir. Dengan wilayah yang sempit dihuni oleh11.489 jiwa dengan jumlah total KK 3238. Sehingga pemukiman berdempet-dempetan membentuk petak-petak. Dari data statistic Kelurahan Sangkrah memiliki tingkat kemiskinan yang tinggi yaitu 30% padahal rata-rata tingkat kemiskinan kecamatan adalah 23%. Angka putus sekolah 9% sedang rata-rata kecamatan adalah 7%.
Tabel 1: Diagram Mata Pencaharian Kelurahan Sangkrah
 (Sumber:Data Statistik Kelurahan Sangkrah)
Kondisi finansial penduduk menengah ke bawah ternyata tidak membentuk mereka menjadi pribadi  yang individual. Akan tetapi menjadikan mereka saling membantu dalam mencukupi kebutuhan sehari – hari. Sebagian besar kegiatan ibu - ibu rumah tangga di daerah ini adalah membuka jasa “jahitan” yang hingga saat ini kegiatan tersebut mampu membantu menopang kebutuhan keluarga sehari – hari. Setelah melakukan pengamatan dan penelitian, ternyata ibu – ibu di daerah Sangkrah ini  memiliki keterampilan soft skill dalam hal jahit menjahit serta menyulam pakaian dengan baik. Hal tersebut memantik tim untuk memberikan penyuluhan dan pelatihan pengembangan UKM mereka ke arah produksi jilbab dengan memberikan payet – payet batik sebagai hiasan jilbab agar lebih menarik dan memiliki daya jual dan konsumtif tinggi. 
Dari realita di atas, kami  menawarkan solusi berupa program penyuluhan untuk mengaktivasi potensi dan kreativitas Ibu-Ibu PKK Sangkrah dengan motivation training and skill developing serta memfollow up managemen pemasarannya yang dikemas dalam berbagai tahapan proses penyuluhan. Diharapkan dengan adanya program penyuluhan dan pelatihan kewirausahaan ini masyarakat Sangrah terutama para ibu – ibu mampu mengembangkan kegiatan ini menjadi UKM mandiri  yang membantu meningkatkan pendapatan keluarga dan dampaknya dalam jangka panjang masalah kemiskinan di Surakarta dapat diminimalisir.

H. METODE PELAKSANAAN
Metode Pelaksanaan
1.  Observasi dan wawancara langsung
Tim PKM melakukan observasi dan wawancara secara langsung ke tempat sasaran pengabdian yaitu desa Sangkrah di Surakarta untuk memperoleh data dan informasi mengenai kondisi dan potensi masyarakat secara nyata di desa itu.
2.  Pelaksanaan
Program ini akan dilaksanakan selama 4 bulan dengan beberapa kali pertemuan yang diisi dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan pelatihan pendukung. Materi-materi yang disajikan merupakan materi yang berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat seperti yang telah dijelaskan dalam gambaran umum  masyarakat.
Materi Acara Pelatihan
No
Daftar Materi
1
Life Motivation Training
Training motivasi dilakukan untuk menumbuhkan motivasi, percaya diri, keoptimisan, berfikir positif dan menggali potensi-potensi yang dimiliki.
2
Bincang Usaha
Untuk mengungkap berbagai kendala masyarakat dalam menjalankan bisnis dan menemukan solusi yang bisa dilakukan
3
POAC (Planning, Organizing, Actuacting and Controlling) Training
Memberikan pelatihan manajemen terpadu dan sesuai dengan keadaan riil lapangan
4
Pembuatan DungCaTik(Kerudung Perca Batik)
DungCaTik merupakan pilihan produk yang akan dibuat. Bahan didapat dari limbah konveksi. Pelatihan dilakukan sampai warga bisa mandiri dalam pembuatan DungCaTik.
5
Marketing Corner
Pemberian pengetahuan dan pelatihan penjualan produk agar berhasil maksimal.
6
Practice at Market
Berlatih melakukan penjualan dengan ilmu marketing sederhana yang telah diajarkan sebelumnya
7
Practice Selling
Tahapan ini bertujuan untuk mengujicobakan materi-materi yang telah dijelaskan sebelumnya untuk diterapkan secara nyata. Serta melakukan aplikasi dari POAC Management

Follow Up
Menindaklanjuti dan pemberian evaluasi terhadap pelatihan yang telah diberikan.
a.       Materi dan Modul Pelatihan
Untuk pemberian materi dijadwalkan dengan selang waktu tertentu selama 4 bulan pelaksanaan. Tiap  materi, masyarakat diberikan modul panduan, sehingga juga bisa belajar mandiri dengan modul yang ada setelah ada pelatihan dari TIM PKMM.
b.      Model Pelatihan
Model pelatihan yang digunakan yaitu kelompok besar dan kelompok kecil. Kelompok besar digunakan ketika materi-materi yang disampaikan tersebut bersifat umum.
c.       Pendampingan
Model pendampingan ini dilakukan selama 2 minggu untuk memonitoring hasil dari training yang telah diberikan.
I.                   JADWAL KEGIATAN PROGRAM


Bulan
I
II
III
IV
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Persiapan
















2
Pelaksanaan
















3
Penyusunan laporan PKM
















4
Pelaporan hasil kegiatan

















J. RANCANGAN BIAYA
No
Jenis Pengeluaran
Jumlah
1
Peralatan penunjang KPM :
  1. Pembuatan proposal
@Rp 10.000,00 x 5
b.      Pembuatan laporan
@Rp 10.000,- x 5
  1. Administrasi dan surat menyurat
-       Undangan peserta
-       Administrasi perijinan

Rp         50.000,00

Rp         50.000,00

Rp         50.000,00
Rp         50.000,00
Rp       100.000,00
2
PERALATAN

   1. Papan Tulis (white board )                   
@Rp 75.000,00 x 4

Rp       300.000,00
   2. Spidol @Rp 5.000,00 x 8
Rp         40.000,00
   3. Blok note @ Rp. 5000 x 50
Rp       200.000,00
   4. Bolpoin 6 pak @Rp 20.000,00 x 6
Rp       120.000,00
   5. Buku panduan @ Rp.10.000,00 x 50
Rp       500.000,00
  6. Gunting  50 x @Rp 5.000,00
Rp       150.000,00
1. Sewa tempat Rp.100.00,00 x 10
Rp    1.000.000,00
2. Sewa Soundsystem Rp.75.000,00 x 10
R         750.000,00
KONSUMSI

1. Snack+minum 50 x @ Rp.2.000,- x 10
Rp    1.000.000,00
2.Makan+minum 55x  @ Rp.5500.- x 10
Rp    3.025.000,00
PERLENGKAPAN
1. Kerudung Hycon 50 x @Rp 13.000,00
2. Kain Perca Batik
3. Benang Katun   50 x@Rp 9.000,00
4. Jarum  besar   6 pack x @Rp 10.000,00
5. Plastik Packaging  6 pack x @Rp 15.000

Rp       650.000,00
Rp       165.000,00
Rp       450.000,00
Rp         60.000,00
Rp         90.000,00
TRANSPORTASI
    - Observasi 5 @ Rp.30.000,-
    - Pelaksanaan 5 @Rp. 30.000,-

Rp       150.000,00
Rp       150.000,00
DOKUMENTASI
-  Rekaman video @ Rp 50.000 x 6
 - Cuci cetak foto @ Rp 50.000 x 6
 - Baterai camera digital 10 x@ Rp.20.000,-

Rp       300.000,00
Rp       300.000,00
Rp       200.000,00
BIAYA LAIN LAIN
Rp       100.000,00
Total biaya pelaksanaan
Rp  10.000.000,00

L. LAMPIRAN
1) Biodata Ketua dan Anggota Kelompok
2) Biodata Dosen Pendamping
3) Surat Kerjasama dengan Kepala Desa Sangkrah
4) Tahapan Pelaksanaan Program
5) Denah Tempat Pengabdian
LAMPIRAN 1
Biodata Ketua dan Anggota Pelaksana
Biodata Ketua Pelaksana
CURRICULUM VITAE
Nama                           : Fila Istina Machid
TTL                             : Pangkalan-Bun, 21 April 1991
Alamat kost                 : Jln. Mojo No 1,Ngoresan, Jebres
Email/Hp                     : lala_bio@yamil.com/085725262411
Alamat rumah                         : Jln. Kayu Putih No. 17, Purwosari, Kalimantan Tengah
Pendidikan Formal
1.      TK Makarti Puta                           1996-1997
2.      SDN 1 Pangkalan-Lada                1997-2003
3.      SMPN 2 Pangkalan-Lada             2003-2006
4.      SMAN 1 Boyolangu                     2006-2009
5.      Pend. Biologi UNS                       2009-sekarang
Riwayat Organisasi
1.      BEM UNS (staff SOSMA)
2.      HMJ FMIPA FKIP UNS
Surakarta, 1 Oktobe 2011


Fila Istina Machid

Biodata Anggota Pelaksana 1
CURRICULUM VITAE
Nama                           : Wachid Noor Hidayat
TTL                             : Sragen, 2 Januari 1990
Alamat kost                 : Jln. RT 02/ RW 08 Sambrang Lor Mojosongo, Surakarta
Email/Hp                     : Wachidun@gmail.com/085643805972
Alamat rumah                         : Gebang, Katekan, Gantiwarno, Klaten
Pendidikan Formal
6.      TK ABA                                      1994-1995
7.      SDN 2 Katekan                            1995-2001
8.      SMPN 1 Prambanan                     2001-2004
9.      SMKN 3 yogyakarta                     2004-2007
10.  Teknik Mesin UNS                       2007-sekarang
Riwayat Organisasi
1.      Kepala Deputi Aksi dan Jaringan (DepLu BEM UNS )
2.      Pejabat Pelaksana Humas dan Jaringan (BEM SI )
3.      BEM UNS            ( Mentri Luar Negeri)
4.      Staff Bidang Kaderisasi  (SKI FT UNS )
5.      Kepala Divisi Mediasi (GERAM PEMILU 2009)
6.      Koordinator Pilkada Center BEM Se-UNS (PilKaDa Center BEM Se-UNS 2010)
Surakarta, 1 Oktober 2011


Wachid Noor Hidayat

Biodata Anggota Pelaksana 2
CURRICULUM VITAE
Nama                           : Ferika Brillian Sabania
TTL                             : Sukoharjo, 17  Februari 1991
Alamat kost                 : Jl. Ki Hajar Dewantara No.61C Kentingan,Jebres,
  Surakarta
Email/Hp                     : ferikabrillian@yahoo.com/085867119477
Alamat rumah                         : Jl. Delima 272 RT 06/01 Tambakreja, Cilacap
Pendidikan Formal
1.      TK Aisiyah 02 Cilacap                  1996-1997
2.      SDN 02 Tambakreja Cilacap        1997-2003
3.      SMP 1 Cilacap                             2003-2006
4.      SMA 1 Cilacap                             2006-2009
5.      Fakultas Kedokteran UNS           2009-sekarang
Riwayat Organisasi
1.        BEM UNS (Staff Sekjen)
2.        BEM UNS (Sekdept Kominfo)
3.        Kesuma Islam Kedokteran (Devisi Akademisi)
4.        SKI FK UNS (Humas dan Jaringan)
Surakarta, 1 Oktober 2011


Ferika Brillian Sabania

Biodata Anggota Pelaksana 3
CURRICULUM VITAE
Nama                           : Indah Imawati
TTL                             : Sragen, 6 Maret 1991
Alamat                                    : Dempul, Ngembat Padas, Gemolong, Sragen
Email/Hp                     : imawatiindah@yahoo.co.id/085642308108
Pendidikan Formal
1. TK Aisyah Gemolong                     1996-1997
2. SD N Kragilan II                            1997-2003
3. SMP N 1Gemolong                                    2003-2006
4.    SMA N 1 Surakarta                       2006-2009
5.    UNS Pend. Ekonomi Akuntansi    2009-sekarang
Riwayat Organisasi
5.    BEM UNS
6.    BEM FKIP UNS
7.    LAZIS UNS
Surakarta, 1 Oktober 2011


Indah Imawati




LAMPIRAN 2
Biodata Dosen Pendamping
Nama                                       : Nurhasan Hamidi, SE,M.Sc,Ak.
Jenis Kelamin                          : Laki- laki
NIP                                         : 19780823 200912 1002
Agama                                     : Islam
Tempat Tanggal Lahir             : Sleman, 23 Agustus 1978
Alamat                                     : Jl. Jae Sumantoro 31 Godean Sleman Yogyakarta
No. Telepon                            : 081586537841
Status                                      : Menikah
Pendidikan                             
S1                                : Jurusan Akuntansi Universitas Gajah Mada(2002)
S2                                : Program Studi Akuntansi Universitas Gajah Mada(2009)
Pengalaman Kerja       :
2009- sekarang            FKIP Universitas Sebelas Maret
2005- 2009                  PT XSYS Mitra Solusi Utama
                                    Konsultasi Keuangan Daerah
·         Penyusunan Prosedur Operasi Standar(SOP) pada Badan Amil Zakat Nasional(BAZNAS), 2005
·         Penyusunan Prosedur Operasi Standar(SOP) pada Badan Amil Zakat Daerah(BAZDA) Kabupaten Karawang, 2005
·         Asistensi dan Penyusunan Laporan Keuangan tahun 2005 Pemerintah Kabupaten Kalimantan Barat, 2006
·         Asistensi Penyusunan RAPBD Pemerintah Kabupaten Seruyan 2007 Kalimantan Tengah, 2006
Surakarta, 1 Oktober 2011


(Nurhasan Hamidi, SE,M.Sc,Ak).

LAMPIRAN 3
 

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
Jalan Ir.Sutami No.36 Surakarta
 

Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama

Yang bertanda tangan di bawah ini  yang selanjutnya disebut sebagai Pihak I :
Nama                                 : Mahendra Nugrahadi, S.Sos
Jabatan                              :  Kepala Desa Sangkrah
Alamat                              :  Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta
Yang bertanda tangan di bawah ini Pihak Mahasiswa, yang selanjutnya disebut sebagai Pihak II :
Nama                                 : Fila Istina Machid
Instansi                              : Pendidikan Biologi 2009 FKIP UNS
Jabatan                              : Ketua Pelaksana Kegiatan
      Alamat                              : Jln. Mojo No 1,Ngoresan, Jebres,Surakarta
Menyatakan bahwa Pihak I bersedia membangun kerja sama dengan Pihak II dalam rangka kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa dengan judul Aktivasi Potensi dan Kreativitas Ibu-Ibu PKK melalui Motivation Training and Skill Developing Sebagai Upaya Membangkitkan Perekonomian Masyarakat Tingkat Bawah di Kelurahan Sangkrah Surakarta.
Demikian surat pernyataan ini di buat agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.                                                               
Surakarta, 1 Oktober  2011
            Pihak I                                                                                Pihak II


Mahendra Nugrahadi, S.Sos                                                   Fila Istina Machid
LAMPIRAN 4
TAHAPAN PELAKSANAAN PROGRAM

LAMPIRAN 5
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar